Minggu, 29 April 2012

APA ITU SENSEI, SEMPAI dan KOHAI ?


Huruf Kanji Sensei
1.      Sensei
Dalam berlatih Karate, tidak ada yang lebih penting dari seorang Guru, yang sering disebut Sensei. Tersusun atas dua suku kata yaitu “SEN” yang berarti “Kepala” atau “Ketua”, dan “SEI  berarti hidup. Jika digabungkan keduanya, menjadi kata yang baru berarti “seseorang yang mengendalikanmu dalam hidup”. Sensei atau Guru, umumnya berusia lebih tua dan layak untuk dihormati. Di Jepang, Sensei atau Guru bukanlah sekedar sebagai “instruktur” yang hanya memberi perintah saja. Tetapi Sensei adalah tauladan dalam hidup yang mengajarkan kebaikan dan kebajikan dalam kehidupan sehari-hari, serta mengayomi murid-muridnya. Sehingga para murid selayaknya mendengarkan ajaran kebaikannya.
Sensei merupakan orang yang melatih, menjaga dan mengayomi dalam latihan selama bertahun-tahun, yang memberikan ilmunya sepenuh hati dalam berlatih Karate. Sensei mengajarkan kebaikan setiap waktu terhadap murid-muridnya tanpa mengharapkan penghargaan sebagai balas jasa, hanya berharap ilmu yang diajarkan dapat diterapkan oleh muridnya dengan sebaik-baiknya.

2.       Sempai dan Kohai
Huruf Kanji Sempai
Sempai adalah senior atau orang yang belajar terlebih dahulu dalam Dojo, dan Sempai memiliki kemampuan atau ketrampilan lebih baik dari murid pemula. Sempai bertugas membantu Sensei dalam memberikan pengajaran dan latihan dalam Dojo. Umumnya Sempai juga berstatus sama sebagai murid dalam dojo. Anggota pemula (Kohai) berkewajiban untuk menghormati Sempai karena perannya yang membantu dalam latihan Karate. Hubungan antara Kohai dan Sempai itu sering disebut dengan “MIBUN”.

0 komentar:

Posting Komentar

468x60 Ads